MENG-INSTALL PROGRAM TAMBAHAN DI LINUX (CARA OTOMATIS DAN SEMI OTOMATIS)

INGET! Kamu kudu masuk sebagai root atau sebagai user yang punya hak seperti root sebelum melakukan instalasi.

CARA OTOMATIS

1. pkgtool
Program bantuan ini ada di distro Slackware. Seperti yang kita tahu, Slackware selalu menggunakan paket langsung dari source code. Dan pkgtool ini bisa mengelolanya. Melalui desktop, kita perlu membuka jendela terminal dan mengetikkan “pkgtool”. Tampilannya menggunakan tabel dalam terminal. Saya gak tau apa udah ada yang tampilan grafis (GUI) atau belum. Tapi saya udah pernah pake pkgtool ini di Command Line Interface (CLI) dan bisa di-klak-klik pake mouse! Slackware 10 di saat itu punya keunggulan setting mouse di terminal. CLI yang saya maksud bukan jendela shell emulator di desktop, tetapi betul-betul CLI yang isinya teks melulu tanpa masuk ke GUI desktop.

2. Pirut
Tool ini ada di distro Fedora Core mulai versi 5. Fedora Core adalah versi komunitas dari distro komersial RedHat. Tampilan Pirut menggunakan grafis (GUI). Saya gak tau apakah di RedHat terbaru ada Pirut juga atau nggak.

3. YaST
Tool ini ada di distro SuSE (komersial) dan versi komunitasnya yaitu openSuSE. YaST menggunakan tampilan GUI.

4. Synaptic
Tool ini ada di Debian dan Ubuntu. Synaptic menggunakan tampilan GUI. Selain itu, Ubuntu juga memiliki tool-tool manajemen-paket yang lain, yaitu Easy Ubuntu, Automatix, dan GDebi.

CARA SEMI OTOMATIS

Untuk semi-otomatis ini saya hanya mencontohkan penggunaannya di Ubuntu.
1. Dengan cara gabungan antara penggunaan Synaptic dan penggunaan command line (terminal).

Menambahkan repository melalui program Synaptic (”Add or Remove Software”)
Klik System > Administration > Software Properties.
Setelah tampil halaman Software Preferences, berilah tanda cek (V) pada pilihan repository:
– Ubuntu 6.06 LTS (binary)
– Ubuntu Backports (binary)
– Ubuntu 6.06 LTS Security Updates (binary)
– ……..
– ……..
Terserah kita mau memberi tanda yang mana. Nantinya yang diberi tanda akan digunakan untuk instalasi. Yang saya tau, poin pertama menggunakan media CD, sedangkan poin kedua dan ketiga menggunakan media internet (terhubung ke website).

Bisa juga klik: “Add repository” untuk menambah Repository, apakah itu CD atau DVD yang kita beli dari website atau bonus dari majalah InfoLinux. Lalu klik “Update”.

Setelah itu kita menginstall dengan mengetik:
apt-get install [nama-program]
Contohnya untuk menginstall gxine (DVD player), ketik:
sudo apt-get install gxine

Berbagai ketergantungan file (file dependencies) akan diikutsertakan tanpa repot menginstallnya satu per satu.

2. Dengan cara menge-klik ganda (double-click) paket *.deb pada file browser Nautilus (seperti menggunakan Windows Explorer).
Saya bersama seorang kerabat pernah mencobanya. Ternyata bisa. Kekurangannya apabila kita mendapati pesan file dependency, maka kita harus menginstall file-nya satu per satu. Menggunakan klik ganda pada file-file *.deb lainnya untuk meng-install file-file dependency yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: